Kenali 5 Perbedaan Masjid dan Mushola Yang Perlu Diketahui Umat Islam

Bagi umat Islam, masjid dan mushola adalah tempat yang dikunjungi untuk beribadah. Meski keduanya merupakan tempat ibadah, ada beberapa perbedaan masjid dan mushola yang perlu diketahui.

Perbedaan tersebut perlu diketahui terutama bagi yang menjalankan ibadah tertentu seperti i’tikaf dan lain sebagainya. Langsung saja, berikut macam-macam perbedaan antara kedua tempat ibadah tersebut:

5 Perbedaan Masjid dan Mushola

1. Ukuran Bangunan, Tempat, atau Area

Perbedaan masjid dan mushola yang cukup mencolok adalah ukuran. Secara jelas, masjid umumnya memiliki area bangunan yang lebih luas bila dibandingkan dengan mushola.

Bangunan masjid juga jauh lebih tinggi dengan menara dan kubah yang megah. Selain itu, masjid juga kerap memiliki desain yang unik sesuai dari arsitekturnya, sedangkan mushola lebih simpel dan umum.

2. Fungsi dan Perlengkapan Yang Disediakan

Sebagai tempat ibadah yang lebih besar, masjid tentunya memiliki perlengkapan ibadah yang lebih banyak dibandingkan mushola. Misalnya, toa masjid yang lebih besar, hingga jam digital masjid sebagai penentu waktu adzan.

Selain itu, masjid memiliki imam tetap yang akan membina umat Islam yang melakukan ibadah di masjid.

3. I’tikaf dan Shalat Tahiyatul Masjid Hanya Diperbolehkan di Masjid

I’tikaf adalah ibadah dimana umat Islam berdiam diri atau melakukan ibadah wajib dalam masjid. Sedangkan shalat Tahiyatul Masjid adalah shalat sunnah dua rakaat saat memasuki masjid.

Kedua hal ini disyaratkan untuk dilakukan hanya pada masjid. Hal ini sudah ditetapkan sesuai dengan Mughniy Al-Muhtaj, 5/328.

Baca juga: MELACAK KEBERADAAN KUIL-KUIL TEMPAT BERHALA-BERHALA DI MEKKAH SAUDI ARABIA

4. Masjid Harus Dibangun pada Tanah Wakaf

Tanah wakaf adalah tanah yang diperbolehkan untuk dimanfaatkan seutuhnya untuk kepentingan bersama. Biasanya, tanah wakaf dibangun untuk keperluan ibadah seperti masjid, kuburan, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan masjid, mushola biasanya dibangun oleh pemilik tertentu, sehingga tujuannya tidak hanya sebagai tempat ibadah. Mushola juga dapat dipindahkan ke tempat lain, sedangkan masjid berada di tanah wakaf secara permanen.

5. Bangunan atau Tempat Khusus Hanya Diperbolehkan di Mushola

Perbedaan masjid dan mushola yang terakhir adalah isi bangunannya. Seperti yang diketahui, masjid hanya berisi tempat ibadah, dan ruangan yang melengkapi ibadah. Tidak boleh ada ruangan seperti kamar atau tempat inap di masjid.

Sedangkan itu, mushola biasanya diperbolehkan memiliki ruangan lain selain tempat ibadah. Hanya saja, mushola wajib harus dalam kondisi yang suci, bersih, dan terhindar dari najis.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan masjid dan mushola yang wajib untuk diketahui umat Islam. Secara keseluruhan, masjid merupakan tempat ibadah yang lebih sakral. Namun sebagai tempat ibadah, mushola tetap boleh dikunjungi.

Tinggalkan komentar

eight + fourteen =