10 Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis

10 Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis Dalam menjalankan bisnis sudah pasti ada keuntungan dan juga kerugian, juga ada kesuksesan dan kegagalan. Baik yang baru memulai bisnis dari nol maupun yang sudah berjalan.

Nah teman-teman, perlu kalian tahu tidak ada pengusaha yang menginginkan sebuah kegagalan dalam menjalankan sebuah bisnis. Nah, apa saja yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam berbisnis?

10 Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis

1. Perencanaan yang Kurang Matang

5 penyebab kegagalan dalam berbisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perencanaan adalah hal penting yang harus di lakukan pertama kali. Rencana bisnis tidak perlu sempurna, tetapi harus tepat dan di pikirkan secara matang. Dengan melakukan perecanaan, Kalian dapat menentukan bagaimana bisnis kalian mencapai tujuannya.

Dengan adanya perencanaan, kalian juga dapat memilih dan menetapkan apa saja kegiatan yang di perlukan dan tidak di perlukan, serta melakukan seluruh kegiatan secara teratur sesuai dengan tahap-tahap yang telah di tentukan. Jika hal seperti perencanaan bisnis ini tidak di pikirnak dengan matang, hal ini akan berdampak langsung terhadap kegiatan oprasional bisnis yang mengakibatkan kegagalan bisnis atau bahkan bangkrut.

2. Kurangnya Pengalaman Manajemen

Banyak wirausaha yang tidak sepenuhnya memahami sulitnya mengoprasikan sebuah usaha. Ada beberapa wirausaha yang akan menjalani bisnis, tapi tidak mengetahui cara mengelolahnya. Ketika ada masalah muncul, mereka tidak mampu mengatasinya. Misalnya, Wirausaha dengan latar belakang Pendidikan Teknik memiliki kemampuan dalam mendesain produk, tetapi kurang memahami akuntansi, keuangan, pemasaran, dan penjualan. Apabila hal ini di biarkan maka dapat menyebabkan kegagalan bisnis.

3. Minimnya Modal Usaha

Alasan yang sangat umum dan klasik menggagalkan bisnis kecil ini tidak jauh-jauh pasti dari minimnya modal usaha. Tidak mungkin kalian melanjutkan usaha kalian yang tengah pailit itu tanpa modal yang cukup. Sementara mendapat modal untuk pengembangan usaha juga tak mudah kalian lakukan.

Dalam melakukan sebuah pinjaman, lamanya proses birokrasi yang berbelit-belit justru semakin menyempitkan peluang bisnis karna kalian fokus pada hal lain. Meski kalian tahu, membangun usaha sekalipun itu kecil rasanya berat jika ditanggung seorang diri yang minim modal juga. Tetapi kalau kalian mau sedikit bekerja keras dan kreatif memanfaatkan momen dan kekurangan, kalian bisa sedikit-dikitnya menambal kenyataan pahit tak ada modal usaha itu dari membuat menu baru daru bahan terbatas.

4. Pemasaran yang Gagal

Sebetulnya tidak ada pemasaran yang gagal total, hanya saja, barangkali hanya tidak sesuai target yang kalian harapkan. Dalam strategi pemasaran yang di butuhkan adalah waktu. Terkadang kalian mempromosikan produk dengan momen yang tidak tepat. atau bisa juga karna kalian kurang menganalisa situasi sehingga apa yang kalian tawarkan tidak mengenai sasaran.

5. Takut Mengambil Resiko

Setiap apa yang kita lakukan atau setiap kegiatan memiliki sebuah resiko, salah satunya kegiatan bisnis karna takut mengambil resiko, misalnya resiko dalam menghadapi persaingan, resiko dalam masalah keuangan, dan lain sebagainya. Jika kalian termasuk salah satu pengusaha yang takut mengambil resiko, berarti mental kalian belum siap menjadi seorang pengusaha. Kenyataan nya orang yang sukses adalah merela yang berani mengambil resiko.

6. Kurang Mampu Membuat Perencanaan Keuangan

Wirausaha yang berfikir bahwa mereka akan mendapat modal yang cukup pada tahun-tahun pertama usaha mereka akan kehabisan modal sebelum akhir tahun pertama. Penyusunan anggaran yang tidak seimbang mengakibatkan kerugian. Sehingga, kamu juga harus memperhatikan penggunaan modah untuk masa sekarang dan masa depan.

7. Kurangnya Pengetahuan Soal Wirausaha

Faktor yang menggagalkan ini tak cuma berlaku bagi pemilik usaha tapi juga kualitas karyawan yang bekerja untuk kemajuan bisnis kalian. Ta[i ada baiknya kalau pemilik dan karyawan sama-sama punya pengetahuan wirausaha. Percuma kalau karyawan kalian memiliki pengetahuan wirausaha tetapi kaoian tidak.

Dan sudah semestinya kalian lebih mempunyai banyak ilmu wirausaha di bandingkan dengan karyawan kalian. Solusi agar kalian dapat mengetahui ilmu wirausaha adalah dengan cara mengikuti berbagai macam seminar wirausaha, cari refrensi artikel tentang wirausaha, tidak malu untuk bertanya kepada sesama wirausaha dan masi banyak lagi.

8. Tidak Berani Mencoba

Mencoba hal-hal baru tentu dapat memberikan suatu ide baru dalam menjalankan sebuah bisnis. Akan tetapi, banyak pengusaha yang nyaman berada di zonanya, sehingga tidak berani mencoba hal-hal baru. Padahal orang yang sukses adalah orang yang mencoba hal baru.

Saran saya, jika memang kalian berani mencoba dan terus berusaha, tidak ada kata tidak mungkin dalam sebuah bisnis, tetapi jika kalian tidak mulai untuk mencoba, sudah pasti kalian tidak akan pernah berhasil. Dengan berani mencoba, Kalian sama dengan telah membuat suatu kemajuan dalam sebuah bisnis. Jadi dari sekarang mulailah mencoba mengambil tindakan, kalau tidak sekarang kapan lagi?

Baca Juga : Cara Mempercepat Jaringan Internet di Komputer / PC

9. Terlalu Terburu-buru

Sangat banyak pengusaha yang mengalami kegagalan karena terburu-buru dalam menjalankan sebuah bisnis. Harus selalu di ingat sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru biasanya akan membawa hasil yang kurang baik. Jadi, sebelum membuat keputusan atau melakukan sesuatu, cobalah untuk berfikir dengan baik dan buat rencana dengan matang. Dengan begitu, resiko kegagalan dalam bisnis akan berkurang dan keuntungan pun akan terus bertambah.

10. Tidak Percaya Diri

Rasa tidak percaya diri akan muncul ketika otak kalian dipenuhi pikiran negatif. Tidak percaya diri biasanya akan menyebabkan rasa takut ketika kalian harus mengambil sebuah keputusan atau menyerah ketika mengalami kegagalan. Dengan rasa tidak percaya diri, kalian sama dengan melewatkan kesempatan yang datang kepada kalian. Untuk mengurangi resiko kegagalan cobalah untuk percaya bahwa kalian bisa meraih kesuksesan dan percaya bahwa semua keputusan yang kalian ambil adalah keputusan terbaik yang pernah kalian ambil.

Nah, Itu dia penjelasan dari saya tentanng 10 Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis. Semoga kalian yang sedang memulai berbisnis bisa terbantu dengan artikel yang saya buat ini. Selamat Menikmati dan teruslah Bersemangat!!

Tinggalkan komentar