10+ Ide Usaha Menguntungkan di Kampung

10+ Ide Usaha Menguntungkan di Kampung – Menurut Wikipedia Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Ingin mengawali usaha di kampung? Tetapi kebingungan ingin usaha apa? Baca beberapa Contoh Usaha Memberikan keuntungan di Desa di bawah ini.

Warga desa biasa menggantungkan hidup dengan manfaatkan hasil alam. Misalnya dengan bertani dan bercocok tanam.

Tetapi, apa yang perlu di laksanakan bila tidak mempunyai tempat untuk bertani dan bercocok tanam?

Menjalankan bisnis jadi jawaban yang akurat.

Buka usaha di kota atau di desa konsepnya sama, yakni manfaatkan semua peluang yang ada. Dalami kondisi di sekitaran rumah untuk cari kesempatan usaha yang dapat Anda lakukan.

Di bawah ini TheCliping telah mengulas beberapa contoh usaha menguntungkan di desa.

Kemungkinan Anda bisa jalankan satu di antaranya untuk sumber penghasilan baru.

1. Konter Pulsa

Ide Usaha Menguntungkan di Kampung

Usaha pertama dengan prospect yang cukup ceria yakni konter pulsa. Sekarang ini keperluan akan pulsa dan internet dari warga selalu bertambah.

Ini sebagai buntut dari bertambahnya jumlah pemakai smartphone. Seharusnya Anda tidak melewati kesempatan kali ini untuk selekasnya mengawali usaha counter pulsa.

Kunci keberhasilan konter pulsa di desa ialah lokasi yang strategis. Misalnya yakni di persimpangan jalan daerah atau di dekat pusat ekonomi.

Modal yang di perlukan untuk mengawali usaha konter pulsa juga tidak demikian besar. Cukup hanya 1 juta rupiah Anda bisa beli sebuah rak atau etalase kaca, kartu perdana dan voucer internet, dan deposit pulsa.

2. Usaha Pom Bensin Mini

Tipe usaha ke-3 yang memberikan keuntungan di desa yakni pom bensin mini. Biasanya, perkampungan jaraknya jauh dari stasiun pengisian bahan bakar. Anda bisa manfaatkan kondisi ini untuk menjalankan bisnis.

Umumnya pom bensin mini sebagai usaha waralaba. Hingga Anda perlu mengontak pemiliknya untuk dapat jualan.

Bila Anda bekerja bersama dengan perusahaan waralaba, Anda cukup menyerahkan beberapa uang. Selanjutnya Anda akan di kasih satu paket komplet untuk jualan. Langkah ini lebih ringkas dan gampang.

Anda bisa juga mengawali usaha ini secara mandiri tetapi cukup memakan waktu untuk cari dan beli perlengkapan secara terpisah.

Bila Anda pun mempunyai kemampuan otomotif, Anda bisa juga buka bengkel di samping usaha pom bensin mini yang Anda urus.

3. Membuka Toko Sembako

Keperluan warga akan sembilan bahan dasar selalu tinggi, tidak perduli di desa maupun di kota. Sayang, warga desa harus tempuh jarak yang jauh untuk belanja.

Kebatasan ini dapat Anda gunakan untuk buka toko sembako di desa Anda. Dengan demikian, warga akan berasa tertolong karena tidak perlu jalan jauh.

Selain itu, Anda akan memperoleh profit usaha yang semakin besar karena ketertarikan warga yang tinggi.

Siapkan bahan dasar yang tersering di beli warga. Beri servis terbaik dan yakinkan toko Anda pada kondisi rapi dan bersih supaya konsumen setia lebih suka.

4. Membuka Warung Makan

Warung makan sebagai salah satunya contoh usaha memberikan keuntungan di desa. Seluruh orang memerlukan konsumsi makanan tetapi tidak seluruh orang mempunyai waktu yang senggang untuk memasak.

Jual makanan untuk makan pagi sebagai salah satunya gagasan yang paling cemerlang. Warga di dusun repot bekerja semenjak pagi hari dan kadang mereka tidak sempat mengolah makanan.

Kedatangan warung makan Anda di dusun menjadi penolong. Anda dapat menyuguhkan menu seperti sayur dan lauk pauk.

Untuk menambahkan penghasilan, siapkan jajan pasar atau kue-kue. Makanan kecil ini di cintai oleh warga di perdesaan.

5. Ternak Ayam

Ayam daerah sebagai salah satunya komoditas peternakan yang mempunyai prospect lumayan baik. Untuk mengawali ternak unggas yang ini tidak membutuhkan modal yang terlampau besar.

Modal awalnya dan ongkos perawatan ayam kampung lebih murah di banding dengan ternak kambing, sapi, atau kerbau.

Bila Anda memperdalam usaha ternak ayam kampung, Anda dapat memperoleh dua tipe hasil yakni daging dan telur.

Telurnya bisa Anda jual di pasar atau warung paling dekat. Sedang daging ayam daerah bisa Anda setorkan ke pemilik warung makan atau restaurant.

6. Ternak Lele

Di desa, biasanya warga mempunyai pelataran yang luas. Tanah kosong ini dapat Anda gunakan untuk beternak ikan lele.

Lele sebagai salah satunya tipe ikan yang termudah untuk dibudidaya. Disamping itu, modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Kebalikannya, keuntungan yang didapat dapat berlipat-lipat.

Satu kuncinya, Anda harus fokus dan jangan bermain-main dalam memulai usaha lele. Ada dua tipe ternak lele yang dapat Anda tentukan, yakni pembibitan dan pembesaran.

Bila Anda konsentrasi pada pembibitan, hasilnya ialah anakan lele yang siap dibesarkan. Sedang untuk ternak pembesaran, Anda perlu beli bibit dari peternak lain dan memperbesarnya sampai siap panen.

Selainnya konsentrasi pada pembesaran bibit lele, Anda harus juga memerhatikan cash flow dari usaha ternak lele yang Anda lakukan.

7. Usaha Laundry

Jasa laundry mempunyai potensi hasilkan keuntungan yang besar. Baik itu usaha laundry kiloan atau usaha laundry sepatu.

Karena warga selalu menyenangi beberapa hal yang ringkas. Terutama untuk mereka yang repot.

Tidak perlu sewa ruko, Anda dapat jalankan bisnis ini di dalam rumah. Cukup dengan modal mesin pencuci, setrika listrik, timbangan, detergen, dan minyak wangi, Anda bisa mengawali usaha ini.

Gunakan ruangan kosong yang ada di dalam rumah Anda sebagai tempat pelayanan. Gunakanlah plang nama yang memikat dan gampang kelihatan agar masyarakat cepat mengenali usaha Anda.

8. Pangkas Rambut

Kesempatan usaha yang pas di desa ini beroperasi di sektor jasa. Maknanya, pendapatan yang bakal didapat semakin banyak daripada pengeluaran untuk operasional.

Untuk dapat buka usaha ini Anda perlu keterampilan untuk memotong rambut dengan model yang menarik. Maksudnya ialah supaya calon konsumen yang tiba bisa saja berlangganan masih tetap karena senang dengan hasil pangkasan atau potongannya.

Karena lebih fokus ke keterampilan, karena itu untuk mengawali usaha ini tidak banyak persiapan dan modal yang diperlukan. Anda perlu:

Ruang usaha.
Perlengkapan potong seperti gunting, sisir, cermin, bangku, alat pemotong rambut elektrik, gambar model rambut, dan lain-lain.
Usaha ini dapat digerakkan di tepi jalan atau di tengah-tengah kampung. Perkiraan awalnya keperluan modalnya ialah sekitaran 5-6 juta. Uang ini dapat digunakan untuk sekaligus mempercantik penampilan salon supaya pengunjung yang tiba menjadi lebih nyaman.

Usaha ini paling prospektif karena saat ini ongkos potong rambut capai Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- per-orang. Bergantung wilayah semasing.

9. Buka Jasa Permak atau Jahit

Jasa jahit selalu dibutuhkan di perdesaan atau di perkotaan. Baik itu jasa pembikinan pakaian atau jasa permak.

Masalahnya warga selalu memerlukan tenaga ahli untuk membuat pakaian.

Usaha jasa jahit ini umumnya kebanjiran pesanan saat dekati tahun tuntunan baru dan mendekati hari raya. Di beberapa hari biasa masih tetap ada pesanan tetapi tidak sekitar dua musim itu.

Anda dapat tawarkan permak baju atau celana jeans untuk menambahkan pendapatan di beberapa hari biasa.

Tidak banyak modal yang diperlukan, Anda cukup beli mesin jahit dan perlengkapan simpatisan yang lain. Bermodal kurang dari lima juta rupiah, Anda dapat buka praktek menjahit.

10. Warung Kopi Plus Wifi

Membuka warung kopi juga bisa menjadi salah satu usaha potensial di desa. Apalagi jika ada fasilitas wifi-nya, tentu makin ramai karena koneksi internetnya bisa stabil sekaligus hemat kuota.

Bila membuka bisnis ini berarti pangsa pasarnya adalah kaum muda yang suka nongkrong. Usaha warung kopi cocok dibuka di pinggir jalan layaknya pedagang kaki lima.

Baca Juga : 7+ Hobi yang Menghasilkan Uang

Nah itu dia teman-teman, Ide Usaha yang mungkin bisa menguntungkan jika di jalankan di desa atau kampung. Semoga dari artikel ini kalian berani untuk memulai berbisnis yaaa!!!

Satu pemikiran pada “10+ Ide Usaha Menguntungkan di Kampung”

Tinggalkan komentar