10 Cara Mengatasi Laptop Lelet

10 Cara Mengatasi Laptop Lelet – Makin lama di pakai, perform laptop akan makin turun. Proses loading jadi melamban, atau buka program tidak secepat dahulu.

Itu pertanda laptop Anda mulai lelet atau melamban. Bila ini terjadi, tidak boleh cepat-cepat menukar dengan laptop baru.

Karena, seperti produk electronic lain, laptop bisa juga alami pengurangan perform , dan ini merupakan hal yang lumrah, meskipun spesifikasinya tinggi.

Terutama bila settingan pada laptop kurang optimal. Ini mengarah pada beberapa laptop gaming terkini saat ini yang telah banyak mulai di kasih pembekalan software performance management.

Semua permasalahan pastinya ada sebab dan akibatnya. Nah, di bawah ini saya akan menjelaskan penyebab kenapa laptop bisa lemot?

Penyebab Laptop Menjadi Lelet

10 Cara Mengatasi Laptop Lelet – Makin lama di pakai, perform laptop akan makin turun. Proses loading jadi melamban, atau buka program tidak secepat dahulu. Ada banyak hal yang mengakibatkan perform laptop jadi lelet, dan biasanya, beberapa masalah ini yang jadi penyebab intinya.

  • Kebanyakan aplikasi yang berjalan pada background dan automatis aktif saat di aktifkan, ini akan membuat performa perangkat jadi berat dan memerlukan proses booting yang semakin lama
  • Usia harddisk telah kelamaan, di mana proses read and write jalan semakin lama dari umumnya. dampaknya akan punya pengaruh pada perform laptop secara keseluruhan
  • Kemampuan harddisk yang telah penuh, mengakibatkan performa makin berat dan membuat laptop jadi lelet
  • Nah, dengan ketahui pemicunya, Anda jadi dapat ambil langkah pertama pembaruan. Siapa tau Anda dapat menangani laptop yang lelet secara mandiri tak perlu di bawa ke service center.

Lewat artikel ini, saya memberi panduan langkah supaya laptop tidak lelet, lewat beberapa langkah simpel dan gampang. Anda dapat melakukan sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Laptop Lelet

10 Cara Mengatasi Laptop Lelet

10 Cara Mengatasi Laptop Lelet – Nah, disini kita masuk ke pembahasan utama mengenai bagaimana cara mengatasi performa laptop jadi lelet atau lemot. Silahkan di simak ulasan di bawah ini

1. Bersihkan Atau Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Apabila sudah mempunyai laptop, kadang kita ingin coba beragam aplikasi. Tetapi, bila kita terlampau kebanyakan memasang aplikasi, kemampuan penyimpanan pada Drive C bisa menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk.

Dampak jangka panjangnya, sudah pasti akan menjadi satu di antara pemicu laptop lelet. Langkah menangani laptop lelet karena kebanyakan aplikasi dapat di lakukan dengan uninstal beberapa aplikasi yang tak pernah atau jarang-jarang di pakai.

Coba penyeleksian mana saja aplikasi yang jarang-jarang kepakai. Anda dapat check program yang tidak sengaja terinstall saat melakukan searching, lalu saat lakukan unduh content dari web tertentu, atau di saat lakukan install.

Gunakan aplikasi yang sesuai keperluan saja, karena sayang sekali bila sampai memory penuh karena aplikasi yang kerap tidak bekerja.

Ini sebagai langkah supaya laptop tidak lelet yang lumayan gampang, karena Anda tak perlu memakai software atau tehnik khusus.

Justru Anda malah kurangi beban memory laptop dengan hapus program dan software yang tidak di butuhkan, yang mengakibatkan Laptop turun performanya.

2. Menggunakan Antivirus

Salah satunya argumen classic mengapa perangkat laptop jadi lelet ialah karena terserang virus atau malware. Seperti manusia, laptop bisa juga terserang penyakit yang berpengaruh pada berkurangnya perform laptop.

Nah supaya laptop tidak lelet karena serangan virus, Anda dapat pasang antivirus terbaik untuk hilangkan semua jenis virus. Dan yakinkan selalu untuk memeriksanya dengan teratur.

Di samping itu, selalu up-date antivirus itu supaya beragam jenis virus bisa di baca dengan antivirus yang telah diinstall.

3. Menyesuaikan Penggunaan Aplikasi

Memaksa performa RAM dengan menghidupkan aplikasi terlalu berlebih menjadi satu di antara pemicu laptop lelet. Sebagai contoh, saat kita sedang main games, kita kerap turut buka aplikasi pemutar musik secara berbarengan.

Padahal, pemrosesan games saja telah berat, tetapi tetap di tambah lagi pemutar musik. Sesuaikan pemakaian aplikasi dengan spesifikasi laptop Anda.

Anda bisa juga aktifkan fitur task manajer untuk mengatur pemakaian RAM di saat jalankan beberapa program sekaligus sebagai salah satu langkah supaya laptop tidak lelet.

4. Menggunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Saat sebelum membeli, pemilik laptop harusnya tahu spesifikasi dari laptop itu. Ini akan menolong pemilik untuk menilai apa aplikasi yang ingin di tempatkan ke laptop telah sesuai spesifikasinya atau tidak.

Misalnya, kita meng-install games berat favorit walau sebenarnya spesifikasi processor dan RAM tidak mencukupi. Jika masih tetap memaksakan memasangkan aplikasi itu di laptop, maka tidak boleh heran satu saat laptop bisa menjadi lelet.

Jalan keluarnya, jangan memaksa kemampuan laptop. Pilih aplikasi alternative atau yang spesifikasinya lebih rendah, sebagai salah satu langkah membuat laptop tidak lelet.

Dengan spesifikasi yang pas dan sama sesuai, karena itu Anda dapat menangani laptop lelet, dan membuat performnya makin baik dan terawat.

5. Menambahkan Kapasitas RAM

Langkah menangani laptop lelet yang lain ada di penambahan RAM. Awalnya, di saat beli laptop kadang Kita beli laptop yang lebih murah dengan RAM lebih rendah, contoh 4 GB.

Walau sebenarnya Anda ingin mempunyai laptop yang lebih bagus. Tambahan kemampuan RAM 8 GB atau RAM 16 GB dapat di akali sesudah Anda mempunyai kocek lebih.

Tetapi jangan cuman menambahkan kemampuan RAM, lihat detail RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, dan RAM DDR4) dan kemampuan optimal RAM yang dapat di terapkan pada laptop kita.

6. Pasang Paste Thermal Pada Laptop

Salah satu langkah supaya laptop tidak lelet yang lain dengan memakai thermal paste untuk pastikan temperatur laptop bisa terjaga secara baik sepanjang penggunaan.

Thermal Paste ialah pasta yang bermanfaat untuk mendinginkan dan jaga temperatur processor supaya tidak cepat panas. Dengan temperatur processor yang stabil, tentu saja akan menolong performa laptop jadi lebih stabil dan tidak cepat lelet.

7. Install Ulang Windows

Umur laptop yang telah tua bukan hanya memengaruhi performa hardware saja, tetapi juga software. Salah satunya yang paling sering dipengaruhi ialah sistem operasi (OS), khususnya Windows.

Bila Windows telah error, karena itu performanya jadi tidak maksimal atau kerap crash. Jika sudah terlampau parah, kami anjurkan untuk mereset atau meng-install ulang Windows Anda.

Tetapi, jika Anda tertarik, Anda bisa juga menukar Windows ke OS yang lain lebih mudah, seperti Linux, ada beberapa OS berbasiskan Linux yang tersebar sekarang ini, tinggal Anda tentukan yang menurutmu tepat.

Memang, harus diakui jika Windows lebih memberikan dukungan produktifitas dengan adanya banyak fitur yang dibawa. Tetapi minimal perubahan OS ini akan membuat performa laptop jadi lebih baik.

8. Penambahan SSD Atau Ganti HDD Menjadi SSD

Salah satunya pemicu netbook lelet ialah karena laptop masih memakai hardisk HDD yang mempunyai kecepatan data relatif lamban. Untuk menangani ini, seharusnya Anda menukar penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD.

Langkah membuat laptop tidak lelet ini dijamin baik, karena akan menolong proses booting lebih cepat dan membuat laptop jadi lebih rensponsif.

Memang, harus diakui jika harga SSD lumayan mahal, tetapi bila Anda ingin laptop jadi tidak lelet, langkah ini benar-benar dapat diperhitungkan.

9. Menggunakan Cooling Pad

Jika perlu, pakai perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang berguna untuk jaga temperatur laptop supaya tidak begitu panas.

Dengan temperatur laptop yang terlalu panas, pasti membuat peluang laptop menjadi lelet semakin besar.

Disamping itu, Anda bisa juga menggunakan vacuum cooler untuk mengisap keluar udara panas dalam laptop. Alat ini juga menolong jaga temperatur laptop di saat bekerja.

10. Install Sowfware Pendukung Kinerja Khusus Laptop

Ada beberapa langkah menangani laptop lelet. Satu diantaranya, pengguna tidak maksimal dalam memakai laptopnya. Salah satu jalan keluarnya ialah Anda dapat meng-install software khusus yang berperan memberikan dukungan performa laptop supaya jadi lebih cepat.

Ada beberapa aplikasi dengan peranan ini, sebutlah saja CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advenced Sistem Optimizer, dan yang lain. Tinggal tentukan yang mana menurut Anda tepat.

Baca Juga : Mengenal Instagram Reels, Cara Membuat Instagram Reels 2021

10 Cara Mengatasi Laptop Lelet – Nah, Itu dia cara bagaimana mengatasi agar laptop tidak lelet atau lemot ketika sedang di gunakan. Semoga setekah Anda baca artikel ini, laptop Anda menjadi lebih nyaman di guanakan yaaa kawan hihi!

Tinggalkan komentar